Beberapa Jenis Beras Beserta Kandungan Nutrisinya

Beberapa Jenis Beras Beserta Kandungan Nutrisinya

ASLIDOMINO – Beras merupakan kebutuhan pokok dan makanan utama orang Indonesia. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga pola makan dengan pemilihan jenis makanan yang terbaik. Beras pun mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi tubuh.

BACA JUGA :

  1. Hindari! Makanan Berbahaya yang Bisa Membunuh Gairah Seks
  2. Kebiasaan Nyeleneh Orang Indonesia Saat Pertama Kali Berlibur Keluar Negeri
  3. Ngeri! Beberapa Kota Paling Aneh yang Ada di Dunia

Beras Merah

Beras merah sering dimakan oleh sebagian orang dalam menjalankan program diet. Sebab beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga setelah dimakan tidak langsung diubah menjadi gula darah di dalam tubuh.

Selain itu kandungan pada beras merah ialah kaya akan serat dan nutrisi seperti antioksidan, vitamin B6 dan zat besi. Sedangkan berasnya yang berwarna merah diperoleh dari kandungan gen antosianin. Teksturnya pun lebih keras dan kasar daripada beras putih, sehingga sewaktu memasaknya butuh waktu yang lebih lama.

Beras Ketan

Beras ketan sendiri memiliki dua warna, yaitu ketan putih dan ketan hitam. Beras ketan pun memiliki tekstur yang lengket dan cita rasanya gurih sesudah dimasak. Selain itu beras ketan punya manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem imun tubuh, membantu melawan radikal bebas dan menstabilkan tekanan darah.

Biasanya beras ketan sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet, karena kandungan karbohidrat dari beras ketan lebih rendah dibandingkan beras putih. Beras ketan juga mengandung 169 kalori dalam 200 gr dan terdapat nutrisi seperti vitamin B-6 untuk membantu otak agar tetap sehat.

Beras Putih

Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya, maka dari itu berasnya berwarna putih. Beras putih pun mengandung serat yang lebih sedikit dari beras merah dan beras hitam. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Sebab lapisan luar dan lapisan tengah yang mengandung serat tinggi pada beras putih sudah hilang akibat proses penggilingan. Selain itu beras putih yang sudah melalui banyak proses terdapat kandungan gizi lebih rendah dibanding beras lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *