Beberapa Jenis Kimchi yang Justru Bukan Berbahan Dasar Sawi

ASLIDOMINO – Kalau berbicara soal Korea, kimchi juga harus masuk ke dalam pembahasannya. Makanan pedas yang terbuat dari sayur fermentasi ini pasti selalu ada di setiap rumah dan di saat waktu makan tiba. Singkatnya, kimchi tak bisa terlepas dan sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Korea. Ngomongin kimchi, jenis yang paling umum biasanya terbuat dari sawi putih atau juga dikenal dengan sebutan baechu kimchi (배추김치). Akan tetapi, ada juga kimchi yang terbuat dari sayuran lain, lho.

BACA JUGA :

  1. Tips Ampuh dan Sederhana Untuk Melegakan Hidung Tersumbat
  2. Tips Membeli Hadiah Untuk Bayi yang Baru Lahir
  3. Makanan yang Bisa Stabilkan Gula Darah dan Menurunkan Resiko Diabetes

Pa Kimchi

Sesuai dengan namanya, kimchi yang satu ini berbahan utama pa (파) alias daun bawang. Biasanya, daun bawang jjokpa (쪽파) yang digunakan untuk membuat pa kimchi karena teksturnya yang lembut dan ukurannya yang kecil. Selain itu, kecap ikan teri atau myeolchi aekjeot (멸치액젓) juga ditambahkan dalam proses pembuatannya. Pa kimchi sendiri lebih sering dikonsumsi pada saat musim semi tiba. Orang lokal juga senang memakannya bersama jjapaghetti (짜파게티).

Gat Kimchi

Karena populer di Korea dan Tiongkok, gat (갓), atau daun mustard, pun diolah menjadi kimchi. Batang dan daun dari tanaman tersebut nantinya bakal difermentasi bersama kecap ikan teri, bawang, jahe, dan banyak bubuk cabai. Walhasil, gat kimchi memiliki rasa pedas dan pahit yang keras.

Chonggak Kimchi

Kimchi yang satu ini cocok dimakan buat kamu cowok jomlo. Ini karena, secara harfiah, chonggak (총각) bermakna pria yang belum menikah. Selain itu, bahan utamanya sendiri, yaitu lobak ponytail, memiliki daun yang menyerupai kuncir rambut para cowok Korea lajang zaman dahulu. Terlepas dari penamaannya, untuk membuat chonggak kimchi, kamu memerlukan bubuk cabai, jahe, bawang putih, dan daun bawang. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *