Beberapa Kuliner Legendaris Khas Solo yang Wajib Dicoba

ASLIDOMINO – Kota Surakarta yang lebih dikenal dengan Kota Solo, termasuk salah satu kota tertua di Jawa. Kota ini menyimpan beragam keunikan didalamnya. Saat berkunjung ke Kota Solo, kesan pertama adalah nuansa budaya dan adat-istiadat jawa yang masih tetap lestari.

Salah satu keunikan yang tidak boleh dilewatkan wisatawan adalah keunikan kulinernya yang menggoda. Kota Solo memiliki banyak kuliner legendaris yang masih tetap eksis hingga sekarang. Berikut ini rekomendasi kuliner legendaris khas Kota Solo yang wajib kamu coba.

Serabi Notosuman Ny. Lidia

Serabi Notosuman pertama kali dirintis pada tahun 1923. Makanan satu ini terbuat dari santan, tepung beras, gula, dan pandan. Tekstur kue ini kenyal dan lembut. Serabi Notosuman Ny. Lidia menyajikan serabi dengan dua varian rasa, yaitu cokelat dan biasa.

Alamat : Jl. Moh. Yamin No. 28 Surakarta, Jawa Tengah

Jam Operasional : 05.00-16.00 WIB

Harga : Serabi biasa Rp2.300 per buah, serabi cokelat Rp2500 per buah

Es Kapal Baron

Es kapal merupakan salah satu minuman unik tempo dulu yang berada di Kota Solo. Berdiri sejak tahun 1972 dan masih tetap eksis hingga sekarang. Es kapal terbuat dari santan dengan campuran rasa cokelat ditampung dalam panci berukuran besar dengan es serut.

Cara penyajiannya juga klasik dan menarik. Minuman ini dituangkan dalam gelas dan ditambahkan roti tawar diatasnya. Roti tawar tersebut nantinya dicelupkan ke dalam es kapal dan minuman pun siap dinikmati.

Alamat : Jl. Bhayangkara No.28, Panularan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57149

Jam Operasional : 09.00 WIB-habis

Harga : Rp5000 per porsi

Selat Viens

Selat merupakan makanan khas Solo yang berisi telur rebus, daging cacah, kentang goreng, berbagai sayuran, dan siraman kuah rempah yang gurih dan manis. Selain selat solo, Selat Viens juga menyajikan hidangan khas Kota Solo lainnya, yaitu sup matahari, sup galantin, sup manten, gado-gado, nasi timlo, dan masih banyak lagi.

Alamat : Jl. Hasanudin No.99 D/E, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139 (Pusat)

Jam Operasional : 07.30-17.00 WIB

Harga : Rp13.000-15.000 per porsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *