Beberapa Negara Termuda yang Ada di Dunia

ASLIDOMINO – Ternyata masih banyak negara-negara yang masih memperjuangkan kemerdekaannya. Setelah Perang Dunia ke-II, banyak negara yang memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan. Beberapa Negara telah berhasil memperoleh kemerdekaannya dan beberapa lagi masih memperjuangkannya agar dapat diakui oleh dunia internasional.

BACA JUGA :

  1. Beberapa Fungsi Rice Cooker yang Jarang Diketahui Orang
  2. Tidak Disangka! Beberapa Alat Elekronik Ini Membuat Hidup Lebih Praktis
  3. Rekomendasi Makanan Sehat Pelancar Pencernaan

Jika biasanya kita mendengar sebuah negara mayoritas memiliki usia di atas 50 tahun, namun ternyata banyak negara yang masih berusia tak lebih dari 10 tahun.

Berikut beberapa negara termuda yang ada di dunia :

Timor Leste

Timor Leste juga menjadi deretan negara yang termuda di dunia. Secara resmi, negara ini mengadakan referendum pada 30 Agustus 1999 untuk memilih apakah mereka ingin melepaskan diri dan menjadi negara merdeka atau tetap menjadi bagian dari Indonesia.

Referendum yang didukung oleh PBB itu pun mengakhiri konflik berkepanjangan yang terjadi sebelumnya, serta memberi jalan bagi mereka untuk merdeka dari Indonesia. Hasilnya, mayoritas rakyat Timor Leste pun memilih untuk merdeka dari Indonesia. Namun, Timor Leste baru diakui secara internasional dan secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Timor Leste dulunya bernama Timor Timur. Negara ini merupakan wilayah bekas koloni Portugis yang diaknesasi oleh militer Indonesia menjadi provinsi di Indonesia.

Palau

Palau adalah sebuah negara kecil yang berada di Kepulauan Pasifik barat yang memperoleh kemerdekaannya pada 1 Oktober 1994 dari Amerika Serikat. Pada sekitar abad ke-16, Palau berada di bawah kolonisasi Spanyol hingga berakhir pada 1899, lantaran Imperial Germany membeli wilayah tersebut dan menamainya German New Guinea.

Wilayah negara tersebut sempat dikendalikan oleh Jepang selama Perang Dunia I hingga 1947. Dan pada tahun 1979, beberapa wilayah dengan cakupan 340 pulau tersebut bergabung untuk membentuk Negara Federasi Mikronesia atas campur tangan Amerika Serikat di bawah Compact of Free Association, termasuk menyediakan bantuan berupa keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *