Beberapa Olahan Daging Kambing Khas Bumbu Indonesia yang Lezat

ASLIDOMINO – Menurut kalender Islam, hari raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Dalam perayaan ini identik diadakan acara penyembelihan hewan kurban, lalu daging kurban tersebut dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Sementara itu, dalam perayaan Idul Adha biasanya masyarakat juga mengolah daging kambing ataupun daging sapi menjadi aneka sajian lezat.

Tengkleng

Di daerah Solo memang terkenal memiliki ragam kuliner enak, salah satunya tengkleng. Sekilas, tengkleng mirip dengan gulai kambing ya. Tapi sebenarnya berbeda lho terutama dari segi kuahnya. Jika kuah tengkleng sedikit lebih encer, berbeda pula dengan gulai yang cenderung kental.

Beralih ke bahan pembuatannya, tengkleng identik dibuat dari tulang kambing yang masih memiliki daging atau bisa juga menggunakan tulang iga. Perpaduan gurihnya kuah serta empuknya daging, tengkleng menjadi salah satu sajian yang cocok banget disajikan untuk hari raya Idul Adha.

Kagape

Kagape merupakan salah satu olahan daging kambing khas Jepara. Biasa dihidangkan saat Idul Adha, sekilas kagape agak mirip kari, namun berbeda dari segi pembuatannya. Kagape menggunakan air asam jawa dan santan kental sebagai ciri khasnya. Sehingga sajian dari Jepara ini memiliki cita rasa asam pedas dan gurih. Sedap banget, deh!

Sate kambing

Sama-sama terbuat dari daging kambing, sate kambing dan sate buntel merupakan salah satu kuliner ikonik khas Nusantara paling populer. Proses pembuatannya sangat mudah. Cukup potong-potong kecil daging kambing lalu tusuk ke dalam tusukan sate. Kemudian dimarinasi bersama bumbu selama beberapa saat, setelah itu dibakar di atas bara api hingga benar-benar matang.

Untuk menkmatinya kamu bisa menggunakan pelengkap sambal kacang atau kecap yang telah diberi irisan bumbu. Cita rasanya pedas, manis, dan gurih cocok banget disajikan saat hari raya Idul Adha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *