Beberapa Penyebab Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

Beberapa Penyebab Sering Merasa Lapar Setiap Waktu

ASLIDOMINO РTubuh seseorang bergantung pada apa yang ia makan. Wajar jika seseorang merasa lapar jika tidak makan selama beberapa jam.  Tetapi jika perut terus-menerus terasa keroncongan, bahkan setelah baru saja menyelesaikan makan besar. Bisa saja itu adalah sesuatu yang serius terkait kesehatan.

BACA JUGA :

  1. Jenis Olahraga yang Dapat Mencegah Ejakulasi Dini Pada Pria
  2. Beberapa Kota Paling Indah di Pulau Hokkaido Jepang
  3. Beberapa Jenis Ikan Asin yang Mantap Diolah dengan Bumbu Balado

Kurang Tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Tidur yang cukup akan membantu mengatur ghrelin yaitu hormon yang menjadi perangsang nafsu makan. Kurang tidur akan menyebabkan tingkat ghrelin lebih tinggi, itulah sebabnya seseorang merasa lebih sering lapar saat kurang tidur.

Sebaliknya, tidur yang cukup akan membantu memastikan tingkat leptin yang tinggi dan disaat itulah seseorang akan merasa lebih kenyang. Untuk menjaga agar tingkat kelaparan terkendali, umumnya disarankan untuk tidur yang cukup setidaknya 8 jam.

Diabetes

Diabetes biasanya ditandai dengan 3 gejala utama atau biasa disebut dengan 3P yaitu Poliuri, Polidipsi, dan Polifagi. Polifagia adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan rasa lapar yang berlebihan atau peningkatan nafsu makan.

Cepat merasa lapar menjadi salah satu gejala diabetes yang paling sering disepelekan. Ketika seseorang menderita diabetes, tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin secara maksimal. Padahal, insulin memiliki peranan penting dalam mengubah gula menjadi energi. Sebagai akibatnya, tubuh pun berusaha meningkatkan asupan energi dengan mengirim sinyal untuk makan lebih banyak.

Stres

Stres dapat menyebabkan mereka mengabaikan isyarat lapar sehingga akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun, ada pula yang sebaliknya, yang justru makan berlebihan saat sedang stres melanda. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Seseorang yang mengalami stres akan menyebabkan peningkatan kadar kortisol, yaitu hormon yang mampu meningkatkan rasa lapar pada seseorang. Oleh sebab itulah, sebagian orang malah suka makan banyak ketika stres sedang menyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *