Beberapa Sajian Sup Dingin dari Seluruh Penjuru Dunia yang Menyegarkan

ASLIDOMINO – Sup adalah makanan yang digemari banyak orang. Kuah yang hangat dan rasa yang lezat membuat sup cocok dimakan saat suasana hujan karena dapat menghangatkan tubuh. Namun, di beberapa negara dengan empat musim, ada sup yang lebih enak saat disajikan dingin. Sup dingin ini biasanya dinikmati saat musim panas agar terasa menyegarkan.

Tarator (Bulgaria)

Tarator adalah salah satu sup dingin yang berasal dari Bulgaria dan berbahan dasar mentimun. Tarator juga dikenal di wilayah Macedonia Utara. Bahan dasar sup tadi dicampur dengan bawang putih, minyak bunga matahari, walnut, potongan dill, cuka, dan air atau yoghurt khas Bulgaria.

Namun di Macedonia Utara, bahan mentimun bisa diganti dengan wortel atau selada. Rasanya dingin dan menyegarkan, cocok untuk makanan khas musim panas.

Gazpacho (Spanyol)

Gazpacho adalah sup dingin dari Andalusia, Spanyol. Bahan dasar sup ini adalah sayuran masak dan jenisnya bisa berubah-ubah tergantung musim dan selera pembuatnya. Namun biasanya, gazpacho terbuat dari campuran tomat, mentimun, bawang putih, paprika, beberapa potongan jenis herbs.

Setelah itu penambahan cuka juga dilakukan untuk dihaluskan bersama bahan-bahan tadi dengan blender. Gazpacho biasa dinikmati dengan roti. Rasa sayuran segar berpadu dengan bumbu dan disajikan dalam kondisi dingin sangat cocok untuk menemani waktu musim panas.

Mul naengmyeon (Korea Selatan)

Mul Naengmyeon dibuat dari mi berbahan soba dan tepung kanji yang disajikan dengan kaldu daging sapi. Sajian ini semakin lengkap dan terlihat lezat dengan tambahan potongan telur rebus, buah pir Korea, acar lobak, serta dibumbui dengan cuka dan mustard.

Supaya lebih menegaskan kesegaran mul naengmyeon, es batu ditambahkan ke dalam sup agar bisa dingin lebih lama. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *