Beberapa Variasi Pancake Khas Jerman yang Wajib Dicoba

ASLIDOMINO – Jerman adalah salah satu negara yang tak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang mengagumkan, namun beragam kuliner yang sukses melekat di lidah. Banyak hidangan yang bisa dinikmati, mulai dari appetizer, hidangan utama, dessert cantik nan lezat, hingga kudapan.

Salah satu makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana adalah pancake-nya. Negara ini mempunyai berbagai macam pancake dengan beraneka rasa, mulai dari yang manis, gurih, hingga asin.

BACA JUGA :

  1. Destinasi Wisata Air Terjun di Swiss yang Menakjubkan dan Mempesona
  2. Wisata Alam Eksotis yang Tersembunyi Bak Surga di Dunia
  3. Rekomendasi Taman Terbaik di Slovenia yang Wajib Didatangi

Kartoffelpuffer

Kartoffelpuffer merupakan pancake khas Jerman yang menjadikan kentang sebagai bahan utamanya. Pancake ini populer sebagai camilan yang mudah ditemukan di pinggir jalan. Bahan-bahan tambahan lainnya adalah tepung dan telur.

Bahan-bagan ini kemudian dibentuk menjadi cakram bulat datar yang digoreng sebentar sampai berwarna keemasan dan renyah. Pancake ini juga bisa dijadikan hidangan utama yang lezat dan juga cukup mengenyangkan.

Eierkuchen

Eierkuchen merupakan pancake tradisional Jerman yang membutuhkan bahan-bahan seperti telur, tepung, susu, mentega, baking powder, gula, dan garam dalam pembuatannya. Adonan umumnya dibumbui dengan ekstrak vanila atau kayu manis, meskipun gula dan perasa manis lainnya dapat dihilangkan untuk membuat versi gurih dari makanan ini.

Cara membuatnya yaitu lapisan adonan dituangkan ke dalam mentega cair atau minyak menggunakan sendok. Harus dipastikan campuran menutupi bagian bawah panci untuk membentuk pancake tipis dan bulat. Kemudian dimasak di kedua sisi sampai berwarna kecoeklatan, dan selanjutnya dihidangkan saat masih hangat. Agar semakin enak rasanya, pancake bisa diolesi dengan saus apel, manisan buah, selai, atau selai cokelat-hazelnut.

Pickert

Pickert merupakan pancake Jerman yang berasal dari Westphalia. Pancake ini dapat digambarkan sebagai kombinasi dari gorengan, pancake kentang, dan wafel. Dalam pembuatannya memerlukan bahan-bahan seperti tepung, kentang parut, telur, susu, ragi, garam, gula, minyak, dan kismis. Saat adonan disiapkan, pancake bisa digoreng atau dipanggang.

Pada awalnya pancake ini merupakan makanan petani karena tidak mahal dan bergizi, hampir tepat untuk hari kerja keras di ladang. Di zaman modern ini, orang mengonsumsinya dengan kolak buah, gula, kayu manis, atau bahkan sosis hati leberwurst.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *