Khasiat Mengkonsumi Jahe Selama Masa Pandemi Seperti Ini

ASLIDOMINO – Tingkat konsumsi tanaman herbal selama pandemi cenderung meningkat. Selain dinilai lebih aman dan mudah didapat, tanaman herbal juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu tanaman herbal tersebut adalah jahe. Rempah bercita rasa pedas ini mengandung senyawa bioaktif, gingerol, yang ampuh mengatasi berbagai penyakit. Dalam penelitian yang dilansir healthline, gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas. Tak heran, jahe sudah sejak lama digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional.

BACA JUGA :

  1. Tips Cara Merawat Rambut Model Pendek yang Wajib Diketahui
  2. Rekomendasi Hotel yang Nyaman dan Cocok Untuk Honeymoon di Jogja
  3. Asal Usul Mutiara Melo Melo yang Paling Langka di Dunia Ditemukan

Meredakan Stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dan senyawa bioaktif dalam jahe dapat menghambat respons inflamasi yang terjadi di otak. Zat aktif shogaol dalam jahe juga mampu menenangkan senyawa di otak dan membangkitkan energi kita. Jahe juga dapat mencegah penyakit alzheimer. Bukan tanpa alasan, ekstrak air rimpang dari jahe merah mampu menghambat aktivitas asetilkolin esterase di otak.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam sebuah penelitian yang dilansir Science Direct disebutkan bahwa ekstrak jahe dapat meningkatkan respons antibodi yang lebih kuat terhadap infeksi. Bersama senyawa lainnya, gingerol akan menghambat proses inflamasi dalam tubuh. Sementara itu, sebuah penelitian di Institut Pertanian Bogor menemukan bahwa banyaknya jumlah tonikum yang ada pada jahe mempunyai efek untuk memperkuat sistem organ dan menstimulasi perbaikan sel-sel otot.

Mengatasi Gangguan Perut

Enzim dalam jahe dapat membantu tubuh memecah dan mengeluarkan gas yang ada di saluran usus dan meningkatkan pergerakan saluran cerna, sehingga dapat meredakan sembelit. Tumbuhan herbal ini juga dapat melawan mual, terutama ketika sedang hamil. Sebuah penelitian yang melibatkan 1.278 wanita hamil menunjukkan gejala mual dapat berkurang setelah minum air jahe. Meski begitu, ibu hamil sebaiknya hanya mengonsumsi 1-1,5 gram jahe saja per hari. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *