Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Jika Mengunjungi Kotanya

ASLIDOMINO – Saat kamu mengunjungi suatu daerah tentunya hal yang kamu cari pertama kali adalah kuliner khasnya. Bagaimanapun setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Traveling juga tidak hanya pergi ke tempat tempat wisata. Tapi traveling juga mencicip makananan khas yang berasal dari daerah yang kita kunjungi. Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya sendiri. Cirebon yang terletak di utara Jawa ini memiliki jenis kuliner beragam dan tentunya unik.

BACA JUGA :

  1. Hindari Beberapa Makanan Ini Setelah Berhubungan Seks Unruk Kesehatan
  2. Beberapa Jenis Tanaman yang Paling Ampuh Mengusir Tikus
  3. Ragam Khasiat Buah Zaitun yang Ajaib Untuk Kesehatan

Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah salah satu makanan khas Kota Cirebon. Penamaan nasi jamblang ini berasal dari tempat asal pedagangnya yang berasal dari Desa Jamblang, Jamblang, Cirebon. Ciri dari makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagi pembungkus nasi. Menu yang tersedia bisanya disajikan dengan sistem prasmanan. Menu yang sering dijumpai antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru goreng, semur hati, semur daging, perkedel, sate kentang dan lainya.

Lengko

Nasi lengko berasal dari kata nasi langka, yang berarti tidak ada atau jarang. Maksud dari kata jarang di sini adalah lauknya sedikit atau jarang. Lengko hanya terdiri dari nasi putih, tahu, tauge, daun kucai, mentimun, bawan goreng, dan disiram dengan sambel kacang serta kecap manis. Penyajian lengko yang sederhana ini dulunya merupakan maknanan rakyat biasa.

Docang

Docang adalah makanan yang sepintas mirip lontong sayur dengan kuah kemerahan. Namun seporsi docang berisi kerupuk, lontong, toge, daun singkong, dan oncom. Docang sendiri adalah singkatan dari bodo alias bungkil dan kacang yang yang menjadi bahan utamanya. Sejarah makanan ini tak lepas dari perjalanan penyebaran agama Islam di Cirebon. AGEN BANDARQ DEPOSIT PULSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *