Panduan Cara Mengatasi Diare Pada Balita Tanpa Obat

ASLIDOMINO – Diare merupakan masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak. Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini ditandai dengan seringnya buang air besar dan konsitensi tinja lebih encer. Namun, diare yang dialami anak lebih sering disebabkan oleh virus, terutama Rotavirus. Tak bisa dianggap sepele, diare merupakan kondisi yang perlu ditangani dengan cepat dan tepat. Apabila tidak, diare mungkin akan menyebabkan dehidrasi.

Mengingat tubuh anak akan kehilangan banyak cairan akibat seringnya buang air besar. Apalagi, jika dialami anak berusia 1 tahun atau balita yang masih sangat perlu pendampingan orangtua ketika sakit.

BACA JUGA :

  1. Beberapa Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam
  2. Jenis Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat di Rumah
  3. Varian Jenis Susu yang Terbaik untuk yang Sedang Menjalani Diet

ASI

Ada banyak kebaikan yang diberikan oleh ASI, lho. Selain kaya nutrisi untuk tumbuh kembang anak, ternyata ASI juga dapat menjadi obat alami sehingga mampu mengatasi diare. ASI akan membantu proses pemulihan anak ketika mereka diare. Hal ini karena ASI mengandung cukup antibodi yang baik serta dapat membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh anak. Jadi, dapat mempercepat penyembuhan diare dan mencegah gejala yang lebih parah. Selain itu, pemberian ASI saat anak diare juga berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Mengingat banyaknya cairan yang keluar dari tubuh anak saat diare. AGEN DOMINO DEPOSIT PULSA

Oralit

Oralit telah lama dikenal sebagai salah satu obat untuk mengatasi diare pada anak. Konsumsi oralit ini berguna sebagai cairan pengganti dalam tubuh anak sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Biasanya, oralit tersedia dalam bentuk saset dan dijual dengan bebas di pasaran. Namun, kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan alami yang mudah dan murah.

Kalian hanya memerlukan air, garam, dan gula, tetapi pastikan kebersihan alat yang digunakan agar tidak terkontaminasi bakteri sehingga dapat memperparah diare anak. Selain itu, sebaiknya segera berikan oralit pada anak dan hindari untuk menyimpan oralit terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *